Skip to content

Rumah Modern Minimalis

Juli 3, 2011

Rumahku adalah Istanaku. Memiliki sebuah Rumah Modern Minimalis kini menjadi impian saya dan istri, tidak berlebihan untuk kami sekeluarga cukup sederhana, tidak perlu besar yang penting cukup untuk melindungi kami sekeluarga dari panas, hujan dan nyaman untuk kami sekeluarga untuk berdiskusi dan bertukar pikiran.

Berselancar mencari Inspirasi Rumah Modern Minimalis ternyata cukup asik, dan sebagai hasil, Inspirasi Rumah Modern Minimalis saya tuangkan disini. Konsep Rumah Minimalis didalam konteks arsitektur adalah sebuah konsep berasitektur yang menitik-beratkan pada pengolahan elemen-elemen bangunan sesuai dengan yang diperlukan dan tidak berlebihan, lebih mudahnya, desain minimalis adalah desain yang hanya memiliki elemen-elemen pokok.

Istilah Modern Minimalis lahir karena adanya kesamaan antara Arsitektur Modern yang selalu mengutamakan fungsi dalam perwujudannya dan juga mengekspresikan kecangihan teknologi dalam penampilan sedangkan ekspresi teknologi sendiri memiliki kecenderungan semakin minimal akan semakin menantang.

Sebagai perwujudan desain rumah minimalis, beberapa unsur pembentuknya pun harus diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Ruang

Tata ruang desain ini cenderung sederhana, fungsional dan terlukis dalam bentuk geometris yang jauh dari kerumitan tekuk-tekuk bidang yang tidak perlu.
Ekspresi kontinutas visual-kemenerusan pandang yang berdampak pada terciptanya kesan luas sebuah ruang cenderung dominan. Ini karena transparansi atau keterbukaan sebagai contoh ciri modern
Bentuk

Elemen tampak muka yang kerap menjadi ciri modern minimalis yaitu Topi-topi beton, sebuah ambalan pelat beton yang berfungsi menahan sinar matahari agar tidak terlalu masuk leluasa kedalam rumah akan memberikan kesan horizontal dan membentuk kesatuan pada fasade rumah anda.
Bentuk atap yang sederhana dengan tidak banyak membentuk talang dan menghindari adanya jurai dalam merupakan unsur yang sering dipakai, bahkan kini pelana sebagai atap rumah mulai digunakan selain menyesuaikan dengan gaya minimalis bentuk pelana juga menyesuaikan dengan iklim tropis di Indonesia.
Bentuk Jendela yang menerus dari atas hingga kebawah dengan jarak hanya beberapa sentimeter dari lantai akan memberikan kesan ringan, modern dan minimalis.
Penambahan elemen batu alam yang digunakan sebagai kontras dengan unsur kaca maupun dinding berfungsi sebagai aksen sekaligus menyederhanakan komposisi atau pengikat antar element sehingga dapat memberi bentuk yang menawan.
Selain unsur-unsur pembentuk rumah modern minimalis, permainan tekstur dan warna menjadi peran yang menentukan dari keseluruhan unsur diatas. Warna abu2 muda, abu2 muda, putih, krem, cokelat dan merah bata sangat mendominasi warna-warna minimalis.

Sumber : 31 Inspirasi Rumah Modern Minimalis

From → Uncategorized

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: