Skip to content

Siasati Material Bangunan, Trik Sukses Tekan Biaya Renovasi

Desember 21, 2011

KOMPAS.com – Pemanfaatan material ekspos dan mengganti elemen dinding dengan elemen interior ternyata bisa menekan biaya pembangunan. Hal itu telah dibuktikan oleh Teky Widjaja Kodiasdianata ST yang sudah lama mendambakan untuk membangun rumah di kawasan Semanan, Cengkareng.

Saya sengaja mengutamakan kamar tidur. Untuk ruang lain saya usahakan harganya bisa ditekan, dengan memilih material lebih murah dan mencari alternatif bahan lain yang bisa menekan biaya.
— Teky Widjaja Kodiasdianata

Lokasi strategis dan tingkat kemacetan yang tak terlalu tinggi menjadi alasannya membangun. Luas tanah hanya 180 m2 dan berada di area sudut. Lulusan Sipil Universitas Parahyangan ini lalu menyiasati lahan hoeknya dengan memperbanyak bukaan, void, serta mengolah ruang secara vertikal.

“Rumah ini menjadi bertingkat, namun tetap dengan harga relatif murah. Saya menghabiskan sekitar Rp 400 juta untuk konstruksinya,” ujar Teki.

Wow, dengan harga itu, kira-kira rumah dibangun dengan biaya Rp 2,6 juta per meter, dan memiliki kualitas prima. Bagaimana caranya?

“Saya sengaja mengutamakan kamar tidur, dan untuk ruang lain saya usahakan harganya bisa ditekan. Caranya dengan memilih material lebih murah dan mencari alternatif bahan lain yang bisa menekan biaya,” ujar ayah beranak satu ini.

Untuk menekan biaya, ada beberapa “kebijakan” dilakukan Teky. Pertama, ia banyak mengekspos material asli seperti batako dan lantai semen. Langkah kedua, Teky mengganti beberapa elemen seperti pengisi railing dengan kabel baja yang dirangkai bersusun lima.

“Lumayan menekan biaya, dan saya pun bisa menggunakan railing berbahan stainless steel sehingga area tangga terlihat lebih cantik,” ujar kontraktor yang pernah mengerjakan proyek jalan tol ini.

Selain itu, Teky juga mengganti sekat dinding dengan kabinet.

“Cara ini menghemat ruang, sekaligus budget pembangunan,” tegasnya.

(Indra Zaka Permana)

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: