Skip to content

Berkarya di Mezanin Serba Memanjang

Januari 2, 2012

oleh: Indra Zaka Permana

Berkarya di Mezanin Serba Memanjang

Bingung mencari ruang untuk kerja? Mezanin bisa lho jadi tempat kerja yang penuh gairah.

Beginilah jadinya bila kita berhasil memaksimalkan lapisan vertikal yang ada di dalam ruangan. Ruang kerja bisa Anda dapatkan dari desain yang matang, modern, dan industrial.

Lihatlah ruang kerja ini, tersaji dalam sajian komposisi ruang yang agak nyleneh di atas dapur dan ruang keluarga. Ada meja gambar tersimpan rapi diatas ruang tersebut, yang ternyata adalah ruang kerja untuk pemilik rumah ini, pasangan arsitek muda, Robert dan Esti.

Sang suami berhasil mendesain dengan memanfaatkan rongga dibawah plafon atap sandar huniannya, menjadi sebuah ruang kerja yang kompak. Tak ada pipa yang membatasi mezanin, namun terdapat susunan rak buku horizontal setinggi 60cm yang membingkai sisi “jalan masuk” ke ruang kerja.

Satu set meja gambar favorit , tersimpan di bagian terujung mezanin seluas 1,5mx 3m. Ruang masih terasa lega disini. Perasaan seperti di awang-awang pun begitu terasa. Sudut ruang kerja ini bisa juga dimanfaatkan untuk membaca buku-buku referensi arsitektur dan buku-buku novel. Meja bisa dilipat dan diatur kemiringannya, sehingga bisa digunakan untuk menggambar, atau membaca dan menulis pekerjaan sehari-hari.

Posisinya berada 2,5m dari lantai dasar. Ruang mezanin ini dihubungkan dengan sebuah tangga berdesain modern. Kelir pipa warna kuning, dan anak tangga dari kayu terlihat mendominasi ruangan yang berwarna keabuan. Kesan modern dan industrial begitu terasa di penampilan desain tangga ini. Semangat muda seolah menggelora.

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Desainer/Arsitek: Robertus Hendrawan

Lokasi: Kediaman Robert dan Esti, Arcamanik, Bandung.

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: