Skip to content

Lampu tanpa Energi Listrik

Januari 4, 2012

oleh: Devi F. Yuliwardhani

Lampu tanpa Energi Listrik

Inilah solusi untuk Anda yang ingin mendapatkan sinar matahari di ruangan dengan praktis. Sinarnya pun bisa disetel, lho !

Kampanye hemat listrik seringkali didengungkan dengan upaya mematikan lampu. Kini ada solusi pencahayaan yang ramah lingkungan. Tanpa listrik, tanpa biaya bulanan, tanpa perlu menebang jutaan pohon untuk menghasilkan energi. Cukup dengan memanfaatkan sinar matahari yang menjadi anugerah terbesar di daerah kita.

Solatube – teknologi yang telah berkembang lebih dari 20tahun di Eropa ini memanfaatkan sinar matahari sebagai penerangan di dalam bangunan. Solatube memiliki tiga komponen utama yaitu capture zone  (penangkap cahaya), transfer zone  (penyalur cahaya), dan delivery zone  (penyebar cahaya).

Cara kerja Solatube cukup sederhana. Capture zone  menangkap cahaya yang ada di sekitarnya. Teknologi raybender 3000 memungkinkan alat yang terbuat dari akrilik ini menangkap cahaya dari arah manapun dengan maksimal, sekaligus mengontrol banyaknya cahaya yang masuk. Setelah itu cahaya masuk ke pipa transfer zone  yang mampu memantulkan cahaya hingga 99,7%. Penyalur cahaya yang terbuat dari plat aluminium coating  polimer ini mampu dibuat berbelok hingga 90º. Cahaya kemudian masuk ke delivery zone. Adanya pilihan lensa optic view  dan prismatic  membebaskan Anda untuk memilih jenis cahaya menyebar atau memusat.

Tak perlu takut akan efek UV sinar matahari, karena kedua komponen capture zone  dan transfer zone  telah dilengkapi dengan penangkal UV. Ruangan pun tetap terang, aman, tidak panas, bebas tagihan listrik, dan ramah lingkungan.

Foto: iDEA/Ricardo de Melo

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: